TUBUH JIWA DAN ROH

"aku adalah manusia batiniah yang terdiri dari roh dan jiwa (bersifat Kekal) dan mendiami satu tubuh (yang bersifat Fana)" yang saat ini ada di Bumi Ciptaan YANG MAHA KUASA.

Be Strong!

"Selamat datang , Di Web ini anda akan mendapatkan tips untuk menguatkan manusia Batiniah (Roh dan Jiwa) dan Manusia Jasmani (Tubuh)"

 

Are you glorifying God with Your body?

Are You Glorifying God With Your Body?

September 17, 2:00 AM 

Our bodies were made for the glorification of God, not the gratification of self.“Christ will be magnified in my body, whether by life or by death. For to me, to live is Christ, and to die is gain” (Phil. 1:20-21).Christian means “little Christ.” In other words, we are to be Christlike. Our leader, Jesus Christ, was in such great physical condition that He could walk 40 miles (to the region of Tyre and Sidon; see Matthew 15:21). He walked not in Reeboks but in leather sandals.

And now, so many of His followers on this planet are unhealthy and overweight—sedentary couch potatoes. This concerns me, and it ought to concern you. God wants us to address this condition not only in our own bodies, but in our churches as well.Colossians 1:16 says that, “All things were created through Him and for Him.” That means everything in heaven, everything on earth, everything visible and everything invisible. He set up thrones, dominions, rulers and authorities. Everything that exists has been created through Him and for Him—even our bodies. God is the creator and controller of our bodies!The word body is found 179 times in the Bible. I started studying those passages. Approximately one-third of them talk about the future body we will receive in heaven. It will be perfect and will not be affected by what we eat or don’t eat. We will have a heavenly body.But today we are still living in an earthly body.I started studying the remaining Scripture references to the body. Out of my study, God showed me the four keys to a better body. 

Those keys are:

1. Dedication—honoring God with your body
2. Inspiration—motivating yourself for change
3. Eating and exercise—managing your habits
4. Team—building your circle of supportThen God helped me apply those keys, and I started losing weight.

God is our creator. He has given us life. As Christians, we reject the idea of evolution and believe that God created us. I believe that most Christians are strong on the creator aspect of God’s character.However, we are weak in the aspect of God also being our controller. We must honor Him as both the creator and controller of our bodies. It is not enough for us to honor Him just as the creator of our bodies. This is sinful behavior.The Bible says in 1 Corinthians 6:19-20, “Or do you not know that your body is the temple of the Holy Spirit who is in you, whom you have from God, and you are not your own? For you were bought at a price; therefore glorify God in your body and in your spirit, which are God’s."Our bodies are God’s temple. He paid the price for our sins. We must glorify God with our bodies!Again, I ask you: Are you glorifying God with your body?Steve Reynolds, the “anti-fat pastor,” has served as senior pastor of Capital Baptist Church in Annandale, Va., since 1982. He launched a weight-loss campaign in his church and community after he lost more than 100 pounds. His story has been featured in local, national and international media, including Fox News, CNN, the Washington Post and the Chicago Tribune.

Sehat Jasmani dan Rohani

Jakarta 17 Januari 2010

Perlunya sehat Manusia  Jasmani dan Manusia Rohani

Baru-baru ini anggota keluarga kami ada yang sakit dan opname di rumah sakit, diperlukan waktu berhari-hari untuk menuju pemulihan, harus di ambil darah, di suntik, juga di infuse, belum lagi di rumah sakit melihat pasien lain yang sedang sakit, sungguh suasana yang tidak mengenakkan, waktu berjalan begitu lambat, apalagi kalau waktu jaga malam, waktu seakan berhenti, lambat sekali.

Kalau ada anggota keluarga yang sakit, maka seluruh anggota keluarga yang lain akan mengalami tekanan dan didalam situasi yang tidak enak selama anggota keluarga yang sakit belum pulih.

Kesehatan itu penting sekali, tips untuk hidup sehat :

1.          1. Makan makanan yang seimbang, banyak makan sayur, buah dan kacang2an serta polong2an

2.         2. Olah raga cukup

3.       3.  Istirahat cukup

4.        4. Hati yang gembira

5.       5. Jangan lupa minum air putih yang berkualitas sedikitnya 8 gelas sehari

Demikian juga dengan manusia rohani kita, kalau dia sakit atau  jatuh dalam dosa/ hidup dalam dosa, maka semua keluarga di surga, Bapa, Anak dan Roh kudus beserta semua para malaikatnya menjadi sedih dan tidak sejahtera.

Yesus berkata  didalam Matius 18-12-14 “Bagaimana pendapatmu?, jika seorang mempunyai seratus ekor domba, dan seekor diantaranya sesat, tidakkah ia akan meninggalkan yang Sembilan puluh Sembilan ekor di pegunungan dan pergi mencari yang sesat itu?. 13. Dan Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jika ia berhasil menemukannya, lebih besar kegembiraannya atas yang seekor itu dari pada atas yang kesembilan puluh Sembilan ekor yang tidak sesat. 14. Demikian juga Bapamu yang di Sorga tidak menghendaki supaya seorangpun dari anak-anak ini hilang.”

Bagaimana menjaga agar Manusia Batiniah yang bakalan hidup kekal selama-lamanya itu sehat?

Ini tipsnya :

1.       1Setiap hari diberi makan yang cukup, jangan Cuma makan secuil snack setiap minggunya.

2.       2. Berolah raga rohani, bersparing dengan menerapkan apa yang Firman Tuhan katakan didalam hidup, berani mengambil tindakan terhadap semua yang tidak       diperkenankan Tuhan, mencari kesempatan untuk bersaksi

3.        3. Punya waktu rest dalam hadirat Tuhan, punya jam doa yang teratur.

4.        4. Ada puji-pujian yang selalu kaluar dari dalam mulut kita, bermazmur

5.        5. Tidak lupa untuk selalu memperkatakan dan merenungkan firman Tuhan Yosua 1:8

Tuhan Yesus memberkati

Senjata Rohani dalam Doa

1 Januari 2007



DOA dan DOA SYAFAAT

DOA DAN DOA SYAFAAT

PILAR DARI KOMUNIKASI

(DENGAN TUHAN) DAN KUASA

 

 

Pada buku Pedoman ini kami telah membahas beberapa aspek doa serta (betapa) pentingnya doa.

Doa dan doa syafaat jelas merupakan dasar untuk latihan peperangan rohani dan merupakan salah satu pilar yang menopang (Gudang) persenjataan rohani. Pada bagian ini kami membahas secara rinci hal berdoa dengan bahasa Roh.

 

Berdoa dengan (bahasa Roh) merupakan salah satu alat yang paling penuh kuasa yang dapat digunakan oleh seorang pendoa syafaat. Ini merupakan doa misteri antara Roh Kudus dan Allah Bapa, sewaktu anda menyerah kepada-Nya. Setiap doa saudara adalah doa yang dipanjatkan seturut dengan keinginan Tuhan. Perhatikan/ pertimbangkan baik-baik. Ayat-ayat ini :

 

Siapa yang berkata-kata dengan bahasa Roh, tidak berkata-kata kepada manusia, tetapi kepada Allah.  Sebab tidak ada seorangpun yang mengerti bahasanya; oleh roh ia mengucapkan hal-hal yang rahasia. Aku suka, supaya kamu semua berkata-kata dengan bahasa Roh. Jadi, apakah yang harus kubuat? Aku akan berdoa dengan rohku, tetapi aku  akan berdoa juga dengan akal budiku.

1 Korintus 14:2,5a,15

 

Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu bagaimana sebenarnya harus  berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan. Dan Allah yang menyelidiki hati nurani, mengetahui maksud Roh itu, yaitu bahwa ia, sesuai dengan kehendak Allah berdoa untuk orang-orang kudus.

Roma 8:26,27

 

Dalam segala doa dan permohonan. Berdoalah setiap waktu didalam Roh dan berjaga-jaga didalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya utnuk segala orang kudus.

Efesus 6:18

 

Akan tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, bangunlah dirimu sendiri diatas dasar imanmu  yang paling suci dan berdoalah dalam Roh Kudus.

Yudas 20

 

Alkitab dengan jelas menganjurkan berkata-kata dengan bahasa Roh; contoh-contoh berikut berkaitan dengan doa dan doa syafaat:

 

Berkata-kata dalam bahasa Roh diperintahkan/ditahbiskan oleh Allah bagi gereja-Nya. (Kis 2:4; 1 Kor12:28; 14:21)

 

Itu adalah tanda orang percaya.

(Yoh 7:38,39;  Mark 16:17)

 

Itu merupakan karunia Roh untuk berkomunikasi dengan Tuhan dalam penyembahan pribadi.

(I Kor 14:2)

 

Itu merupakan suatu alat yang mana Roh Kudus berdoa kepada Allah melalui kita dalam doa.

(Rom 8:26; I Kor 14:14)

 

Itu merupakan suatu karunia Roh untuk “ bernyanyi dalam Roh “.

(Ef 5:18,19; 1 Kor 14:15)

 

Rasul Paulus mengucapkan syukur kepada Allah atas hak istimewa berkata-kata dengan bahasa Roh dan dia ingin agar kita semua berkata-kata dengan bahasa Roh.

(1 Kor 14:18,27)

 

Rasul Paulus memerintahkan agar berkata-kata dengan bahasa Roh tidak dilarang.

(1 Kor 14:39)

 

Itu akan menyertai sebagai peneguhan dari firman Tuhan bila di sampaikan/diberitakan.

 

Setelah Yesus memberi Amanat Agung,” Pergilah keseluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk,” Ia menambahkan ,”…tanda-tanda ini kan menyertai orang-orang yang percaya; mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku,  mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka.”

(Mark 16:15,17)

Yesaya bernubuat dengan menunjuk kepada berkata-kata dengan bahasa Roh sebagai penyegaran.

(Yes 28:12; 1 Kor 14:21)

 

Berkata-kata atau berdoa dengan bahasa Roh (lidah) adalah satu bentuk doa yang mana seorang kristen menyerahkan dirinya kepada Roh Kudus dan menerima dari roh kudus suatu bahasa supranatural untuk berdoa dan memuji Tuhan itu merupakan suatu manifestasi/ penjelmaan dari kuasa Allah yang menakjubkan yang memerlukan kerjasama antara umat kristen dengan Roh Kudus.

 

Seorang berkata-kata sementara Roh kudus memberi kata-kata itu. Pada Kis 2:4 kita baca,”maka penuhlah mereka dengan roh kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.

 

Berdoa dengan bahasa roh terutama digunakan untuk (dalam) kehidupan doa kebaktian, untuk doa syafaat dan puji-pujian. Hal itu juga menguatkan dan meningkatkan (kualitas) orang percaya. Selanjutnya itu merupakan karunia yang digunakan digereja untuk membangun/meningkatkan jemaat gereja, disertai dengan karunia menafsirkannya (bahasa Roh tersebut). (Lihat 1 Kor 14:5) namun demikian ada syarat-syarat untuk digunakan dimuka umum. (lihat 1 Kor 14:18,19,27,28)

Pada buku pedoman ini kita hanya membahas penggunaan bahasa roh secara pribadi sebagai senjata rohani.

 

Karena saudara tidak selalu tahu bgaimana harus berdoa dalam situasi tertentu, saudara bawakan kebutuhan itu dkehadapannya dengan berdoa dengan bahasa roh. Dia mengerti doa saudara, tetapi iblis tidak mengerti anda berdoa sesuai keinginan (menurut kehendak) Bapak karena roh kudus berdoa melalui saudara, maka dia Allah Bapa mendengar dan mengerti permohonan saudara.

 

Dan inilah keberanian percaya kita kepadanya yaitu bahwa ia mangabulkan doa kita jikalau kita meminta sesuatu kepadanya menurut kehendaknya. Dan jikalau kita tahu, bahwa ia mengabulkan apa saja yang kita minta, maka kita juga tahu, bahwa kita telah memperoleh segala sesuatu yang telah kita minta kepadanya.

(1 Yoh 5:14,15)

 

Doa semacam ini – Doa menurut kehendak Bapak melalui bahasa roh kudus – memiliki otoritas surgawi dibelakangnya.

 

Saudara, melampaui pengertian saudara. Roh kudus tahu apa yang ada dalam hati saudara dan dia tahu hati Allah. Dengan demikian saudara tidak hanya membawa diri selaras dengan kehendak bapa tetapi roh kudus berdoa melalu saudara agar rencana Allah pada orang yang anda doakan (melalui doa syafaat) digenapi.

 

Waktu saudara  menggunakan doa syafaat jenis ini, satan tidak dapat menafsirkan apa yang saudara katakan kepada (bapa) allah Bapa). Namun dalam bahasa yang tidak diketahui itu saudara diantaranya saudara meminta kuasa Allah dari situ untuk berperang melawan kerajaan setan, dengan merubuhkann kubu-kubunya.

 

BERDOA DENGAN ROH MENJAGA  SAUDARA DARI SIJAHAT DAN MEMBUAT KUBU SETAN JATUH. Satan tahu bahwa roh kudus akan mengarahkan langsung dan secara efektif pada titik dimana sisetan paling lemah/rentan didalam dunia rohnya. Tidak diragukan lagi mengapa si iblis berusaha mati-matian untuk membuat banyak orang percaya tidak mempercayai berdoa dengan roh dalam pikiran mereka.

 

Maka seperti Paulus saudara akan berdoa dalam roh untuk memuji dan menyembah Tuhan Yesus Kristus, tetapi juga untuk memperoleh kembali wilayah dari setan dan kerajaan setan dalam kehidupan mereka yang anda doakan. Ingat pada saat saudara berkata-kata dan berdoa dengan roh saudara sedang mengijinkan roh kudus untuk berkomunikasi dengan  Allah Bapa, dengan menggunkakan anda sebagai alat yang vokal.

 

IMAN DAN KETAATAN - -

PILAR KITA UNTUK (MERAIH) KEMENANGAN

 

Kedua faktor (unsur) ini bersama-sama merupakan pilar lainnya yang menopang (gudang) persenjataan rohani. Iman dan ketaatan terjalin sedemikian rupa sehingga yang satu tidak lengkap tanpa yang lainnya.

 

Saudara harus memiliki sehingga senjata yang Tuhan / Allah sediakan bagi saudara bekerja  dan mencapai tujuan yang diinginkan untuk kemuliaannya. Miliki iman dalam nama Yesus. Miliki iman dalam kuasa Yesus. Miliki iman bahwa kuasa yang sama menetap dalam diri anda dan memberi kuasa kepada saudara untuk melakukan pekerjaan yang lebih besar/dahsyat daripadanya, karena Yesus tinggal didalam saudara.  (Yoh 14:12)

 

Yesus menjawab mereka : “Percayalah kepada Allah! Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barang siapa berkata kepada Gunung ini : beranjaklah dan tercampaklah kedalam laut! Asal tidak bimbang hatinya, tetapi percaya, bahwa apa yang dikatakannya itu akan terjadi, maka hal itu akan terjadi baginya. Karena itu Aku berkata kepadamu : Apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu.

(Mark 11:22-24)

 

Latihlah iman Saudara dengan mengucapkan (keluar) firman dan nyatakan keras-keras kemenangan yang yesus berikan. Jika roh kudus menunjukkan sebuah ayat dalam alkitab(injil) untuk suatu situasi tertentu ucapkan itu sebagai firman yang diimani (word of faith) dengan mematahkan setiap siasat orang bertentangan dengan firman Allah.

(2 Kor 10:5)

 

Apa yang (meniadakan) semua rasa takut, ragu-ragu dan rasa tidak percaya? Iman, iman, iman. Percaya, percaya dan percaya.

 

Kita dapat mengucapkan iman sebagai suatu perintah. Perhatikan contoh pada Kis 16:18, “ tetapi ketika paulus tidak tahan lagi akan gangguan itu, ia berpaling dan berkata kepada roh itu, ia berpaling dan berkata kepada roh itu :”Demi nama Yesus Kristus aku menyuruh engkau keluar dari perempuan ini. Seketika itu juga keluarlah roh itu.

 

Pentingnya KETAATAN yang juga termasuk komitmen –tidak dapat telalu ditekankan. Sebagai seorang pendoa syafaat, pekerjaan saudara akan konstan / tetap dan menantang saudara akan menempatkan diri saudara pada posisi orang yang saudara sedang doakan, kadang-kadang rasakan kebutuhannya. Doa jenis ini menuntut ketaatan pada suara roh kudus dan komitmen  yang teguh. Tetapi suatu kata peringatan : Jangan membuat doa syafaat menjadi beban bagi anda . Belajarlah bagaimana merespon dengan taat ketika roh meminta Bapa Surga yang penuh kasih.

 

Komitmen berarti tindakan mempercayakan kepada; dilepaskan dengan penuh percaya. Komitmen untuk menjadi pendoa syafaat tidak dapat dianggap enteng. Hal ini merupakan suatu tanggung jawab yang menuntut keseriusan. Seseorang bergantung kepada saudara untuk melakukan peperangan rohani dalam doa pribadi saudara atas namanya.

Tuhan (Allah) tergantung pada saudara untuk mendirikan tembok atau yang mempertahankan negeri itu dihadapanku.

(Yeh 22:30)

 

Komitmen serta tekad saudara untuk menahan dan melawan(menentang) musuh secara agresif memperkuat peperangan saudara/. Musuh mengenali kualitas ini pada saudara. Ada yang mengatakan bahwa semua neraka gemetar melihat seorang kudus berlutut. Untuk alasan ini, si musuh (iblis) akan berusaha untuk mencegah berdoa. Ketaatan dan komitmen saudara akan menggagalkan rencanaya(si  iblis).

 

Sebagai seorang kristen Saudara dipisahkan dan dikuduskan bagi Tuhan untuk tujuan yang suci / Kudus. Sewaktu saudara mempercayakan hidup saudara kepadanya hari lepas hari dengan semakin berserah, dunia akan memperhatikan suatu perbedaan.

 

Dan mereka mengalahkan dia oleh darah anak domba, dan oleh perkataan kesaksian mereka. Karena mereka tidak mengasihi nyawa mereka sampai kedalam maut.

(Wah 12:11)

 

Hidup kita tersembunyi bersama dengan kristus didalam Allah (Kol 3:3) Karena Dia telah menyerahkan nyawanya untuk kita, jadi kitapun wajib menyerahkan nyawa kita untuk saudara-saudara kita. (1 Yoh 3:16)

 

Benarlah perkataan ini :

“ Jika kita mati dengan dia, kitapun akan hidup dengan dia, jika kita bertekun , kitapun akan ikut memerintah dengan dia, jika kita menyangkal dia, diapun akan menyangkal kita, jika kita tidak setia, dia tetap setia, karena dia tidak dapat menyangkal dirinya.

(2 Tim 2:11-13)

 

Ingat akan saudara-saudara anda diseluruh dunia yang telah menolak untuk menyangkal iman mereka dan siap mati untuk kristus. Mungkin yang saudara doakan ialah seorang (hamba Tuhan) Pendeta dari gereja yang dianiaya, atau seorang misionaris yang diutus kesuatu negara yang menentang injil yesus kristus. Orang-orang ini mengambil risiko demi injil.

Komitmen saudara berdoa bagi mereka sangat diperlukan dan amat penting.

 

NAMA YESUS - - OTORITAS KITA

Nama Yesus memiliki kuasa dibumi, disurga dan neraka. Karena kita adalah bait rohnya dan roh kudus yang sama tinggal didalam kita, kita dapat mengambil namanya dan menggunakannya persis seolah dia sendiri ada disini. “Aku telah memberikan kuasa kepada kamu untuk menahan semua kekuatan musuh,” Yesus telah berjanji. (Luk 10:19)

 

Yesus memberikan kepada pengikutnya kuasa dan otoritas atas setan, dan dia telah memberikan kepada mereka hak untuk meminta sesuatu kepada Bapa didalam namanya.

 

Dan apa saja yang kamu minta dalam nama-ku Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan didalam anak. Jika kamu meminta sesuatu kepadaku dalam namaku, aku akan melakukannya.”

(Yoh 14:13,14)

 

Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan dia dan mengaruniakan kepadanya nama diatas segala nama supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada dilangit dan yang ada diatas bumi, dan yang ada dibawah bumi.

(Fil 2:9,10)

 

Segala sesuatu harus bertekuk lutut dalam nama Yesus. Maka gunakan nama Yesus pada waktu peperangan. Allah mengenalinya. Begitu juga iblis dan kumpulannya. Membuat musuh lari ketakutan. Sebutkan nama Tuhan Yesus keras-keras, YESUS, YESUS,YESUS”.

 

Inilah cara yang efektif untuk berdoa dengan memakai nama yesus dan otoritasnya:

“Dengan otoritas Yesus dan darahnya yang mahal, saya ikat kamu setan menurut Ef 6: 12 dan mematahkan (kuasa-kuasa) penguasa-penguasa situasi ini. saya lepaskan (nama orang yang dimaksud) dari genggamanmu dan menghancurkan pekerjaanmu dalam nama Yesus.

 

“Allah Bapa saya minta supaya kehendakmu jadi sekarang dan saya mengucap syukur. Dalam nama Yesus dan dengan otoritasnya saya nyatakan itu sudah terjadi(done).

 

Kuasa Roh Kudus didalam diri saudara otoritas kepada saudara utuk memakai nama yesus untuk mengalahkan musuh. Itu dapat diibaratkan seperti seorang yang dapat menghentikan sebuah truk besar dengan hanya berdiri ditengah-tengah jalan raya dan mengangkat tanganya memberi isyarat “berhenti”. Seseorang yang mengenakan tanda pangkat (badge) polisi memiliki otoritas untuk menghentikan lalu lintas dan melarang truk untuk melanjutkan perjalannya jika hukum telah dilanggar. Begitu juga doa syafaat harus menggunakan otoritas yang telah diserahkan diberikan untuk menghentikan gerombolan iblis merusak anak-anak Tuhan.

 

Tetapi siapa yang mengikatkan dirinya pada Tuhan menjadi satu roh dengan dia.

(1Kor 6:17)

 

……Supaya ia, menurut kekayaan kemuliaannya menguatkan dan meneguhkan kamu oleh rohnya didalan batinmu.

Ef 3:16

 

Dan jika roh dia yang telah membangkitkan yesus dari antara orang mati, diam didalam kami maka ia  yang telah membangkitkan kristus yesus dari antara orang mati akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh rohnya yang diam didalam kamu.

Rom 8:11

 

Kunci dari otoritas anda memakai nama yesus ialah hubungan pribadi anda dengannya . Hubungan itu dipelihara dengan menyesuaikan waktu anda untuk bersekutu dengan tuhan dan memastikan bahwa anda memakai otoritas ini hanya untuk memuliakan tuhan. Perhatikan contoh petrus dan yohanes yang berbicara kepada orang lumpuh dipintu gerbang bait allah di Kis 3:1-8

Sebaliknya perhatikan apa yang terjadi dengan mereka yang coba memakai nama yesus tanpa otoritas yang benar (Kis 19:11-17). Jika saudara berjalan dan membangun hubungan yang benar dengan yesus kristus musuh pasti tunduk pada otoritas saudara waktu saudara memakai nama yesus.

 

Tanda-tanda ini kan menyertai orang-orang yang percaya mereka akan mengusir setan-setan demi namaku mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka, mereka akan meletakkan tangan atas orang sakit  dan orang itu akan sembuh”

Mark 16:17,18

 

DARAH YESUS - - TUTUP BUNGKUS KITA

 

Dan ia telah masuk satu kali untuk selama-lamanya kedalam tempat yang kudus bukan dengan membawa darah domba jantan dan darah anak lembu, tetapi dengan membawa darahnya sendiri. Dan dengan itu ia telah mendapat kelepasan yang kekal. Sebab jika darah domba jantan dan darah lembu jantan dan dipercikan abu lembu muda, menguduskan mereka yang najis, sehingga mereka disucikan secara lahiriah, betapa lebihnya darah kristus, yang oleh roh yang kekal telah mempersembahkan dirinya sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tak bercacat, akan menyucikan hati nurani kita dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup.

Ibr 9:12-14

 

Apa arti (yang diperbuat) darah yesus bagi kita :

 

Memberi keselamatan, membuat kita dilahirkan kembali kedalam kerajaannya dan menghindari kita dari berbuat dosa kekal.

(Yoh 3:3,17; Mrk 16:16)

 

Membuat pendamaian bagi kita dengan menghapus dosa-dosa kita

(Im 17:11; Rom 5:11)

 

Menebus kita. Kita telah ditebus (dibayar penuh) dari kuasa dosa dan maut.

(maz 107:2; Ef 1:7; Wah 5:9; Ibr 9:12)

 

Membenarkan kita. Membebaskan kita dari dosa dan rasa bersalah.

(Rom 5:9; Kis 13:38,39)

 

Membuat kita benar. Membuat kita kembali benar berdiri dihadapan Tuhan.

(Yes 59:2; 1 Yoh 1:9; Rom 3:22,23,25)

 

Menguduskan. Dikuduskan pada waktu diselamatkan dan setiap hari sesudah itu melalui darah yesus.

(1 kor 1:30; Ibr 10:10,14)

 

Memberikan pengampunan dosa. Dosa dihapuskan.

(Rom 3:24,25; Ibr 9:22)

 

Memperdamaikan kita. Dengan menerima ketentuan dari Tuhan, kita sekarang dapat bersekutu dengannya dengan kasih.

( Kol 1:20; Rom5:10)

 

Memberi kusa untuk menaklukan. Menerima apa yang telah diberikan kepada kita.

(Luk 10:19; Wah 12:11)

 

Memberikan kelepasan. Dilepaskan dari kuasa-kuasa kegelapan dan membuat kita merdeka (bebas).

(2 kor 2:14; kol 1:13)

 

Pengampunan. Mengampuni dosa-dosa

(kol 1:14; 1Yoh1:9)

 

Perjanjian baru. Menggantikan perjanjian lama mengenai korban-korban; korban yang sempurna sekarang telah dibuat melalui yesus kristus.

(ibr 10:9; 7:22; 12:24; 8:13; 9:15)

 

Membersihkan dari segala dosa (1 Yoh 1:7)

 

“Memohon darah Yesus “ adalah suatu taktik untuk doa syafaat yang digunakan oleh para pendoa selama bertahun-tahun. Karena disalah gunakan hal ini telah menjadi sedikit diperdebatkan (kontroversial). Meminta darah yesus untuk membungkus (melindungi) seseeorang hanyalah untuk mengingatkan musuh akan batas-batasnya.

Itu adalah prinsip yang sama yang kita lihat di kel 12:22,23 ketika darah domba disapukan pada kedua tiang pintu yang berarti malaikat maut tidak dapat menyentuh rumah itu.

Nyatakan, gunakan darah yesus untuk perlindungan saudara sendiri dan untuk perlindungan orang yang anda doakan .

Darah yesus menjamin damai sejahtera yang kekal serta kemenangan. Suatu yang memberi pertanda ini dapat dilihat di 1 sam 7:3-14. Dalam cerita ini samuel menantang orang israel untuk menghancurkan allah-allah asing (palsu) dari orang filistin yang mereka telah ijinkan untuk mengotori mencemari negeri itu. Rakyat itu meresponi dengan taat dan menjalankan puasa satu hari. Orang-orang filistin marah ketika mereka mendengar allah mereka telah dihancurkan maka mereka mengadakan serangan lalu kata orang israel  kepada samuel :, “ Janganlah berhenti berseru bagi kami kepada Tuhan Allah kita supaya ia menyelamatkan kami dari tangan orang filistin itu. Samuel membalas menjawab dengan mengambil seekor anak domba yang menyusu dan mempersembahkannya seluruhnya kepada Tuhan sebagai korban bakaran.

 Didalam bukunya , Born for Batlle dilahirkan untuk berperang, arthur mathew menyimpulkan cerita itu :

 

Sedang samuel berdiri mempersembahkan seluruh anak dombanya ia berseru kepada /tuhan untuk orang israel. Tuhan mengguntur dari surga orang filistin ketakutan dan kabur dan menurut catatan,” tidak lagi memasuki daerah israel.

 

Kemenangan itu perlu untuk meraih damai sejahtera. Damai sejahtera adalah kemenangan yang dipelihara. Orang yang dapat bertahan terhadap musuh ialah pendoa syafaat, dan diberkatilah si pendoa syafaat yang tahu (bisa) bagaimana menggunakan kuasa darah yesus dalam peperangan rohani.

 

Darah yang mahal, dengan ini kita merebut kemenangan dalam peperangan yang paling dahsyat , dosa dan iblis dikalahkannya. – F.R. Havergal –

 

Sebagai pendoa syafaat saudara bersepakat dengan roh kudus yang telah memanggil anda untuk menyelesaikan peperangan rohani,. Kesepakatan berarti “Berpadanan ; hidup; rukun; tanpa perbantahan”. Kita semua dipanggil untuk konsisten  dengan doa-doa kita menurut  firman dan roh.

Jika seseorang ingin belajar berdoa sehati dia harus belajar untuk bersehati dengan pendoa syafaat lainnya. Ketika tiba hari pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat Kis 2:1 orang-orang percaya semua bersehati.

 

Saudara mungkin ingin bekerja sama dengan rekan pendoa dalam doa syafaat. Bergabung dengan orang yang mempunyai roh yang sama seperti ini dapat menguatkan peperangan rohani saudara. Pilihlah rekan pendoa seperti ini dengan hati-hati menurut arahan roh kudus; logika manusia tidak boleh menjadi faktor penentu dalam membuat pilihan semacam ini. Bagimanapun rekan pendoa itu seharusnya sama jenis bukan lawan jenis dan harus dapat dicapai untuk mengadakan komunikasi yang cukup sering. Jika saudara merasa  Tuhan sedang menuntun saudara kepada seseorang tertentu untuk menjadi rekan pendoa dan saling mempunyai perasaan yang sama ujilah hubungaan ini selama beberapa minggu untuk melihat apakah membantu atau mengganggu merintangi doa syafaat saudara.

 

Yesus berkata:

Dan lagi Aku berkat kepadamu jika dua orang dari padamu didunia ini sepakat meminta apapun juga permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh bapaku disurga. Sebab dimana dua atau tiga orang berkumpul dalam namaku disitu aku ada ditengah-tengah mereka.

Mat. 18:19-20

 

Dan solomon mencatat :

Tali tiga lembar tak mudah diputuskan.

(Pkh 4:12)

 

Bersekutu (Get in Agreement with)  dengan Allah Roh kudus dan yesus. Belajar berdoa yang selaras ialah belajar berdoa seturut kehendak Allah. Jika budimu diubahkan kamu aka menemukan kehendak allah yang sempurna  (baca Rom 12:2)

Ada peringatan tentang apa yang bisa terjadi jika saudara bersepakat atas sesuatu yang fasik baca Kis 5:1,2,9 saudara akan melihat ketika ananias dan istrinya safira bersepakat untuk berdusta perbuatan mereka harus dibayar dengan nyawa mereka, mengapa kamu berdua bersepakat untuk mencobai roh tuhan petrus bertanya kepada safirasebelum ia rebah dan putus nyawanya.

 

Belajar kenali roh orang yang bersepakat dengan saudara, jika saudara sepakat dengan kata dari musuh --- dengan mendengarkan laporan yang buruk yang dibisikkan ketelinga saudara atau yang disampaikan melalui orang lain –saudara mengadakan  persepakatan yang salah bersepakatlah dengan apa yang firman katakan kepada saudara atau yang roh kudus ingatkan kepada saudara.

 

Undanglah roh kudus agar hadir bahkan sebelum saudara mulai berdoa. Berdoalah selaras dengannya.

 

MENGIKAT DAN MELEPAS - - KUNCI KITA

Mengikat dan melepas merupakan dua alat yang effektif yang diberikan oleh yesus kepada para pengikutnya.

 

Kepadamu akan kuberikan kunci kerajaan sorga. Apa yang kauikat didunia ini akan terikat disorga dan  apa yang kaulepas didunia ini akan  terlepas disorga.

 Mat. 16:19

 

Injil menunjukkan bahwa  yesus telah memberikan kuasa kepada murid-muridnya untuk mengikat setan dan pemerintah-pemerintah, penguasa-penguasa, penghulu-penghulu dunia yang gelap ini roh-roh jahat diudara (Ef 6:12)

 

Lalu apa arti dari kata-kata (Frasa), akan terikat disorga … akan terlepas disorga? “ Seorang penerjemah alkitab menunjukkan bahwa kata kerjanya dalam bentuk pasif, maka itu mengacu kepada apa-apa yang dalam keadaan sudah dilarang atau diijinkan.

Ini memberitahukan kita bahwa apapun yang diikat atau dilepaskan oleh orang percaya dilakukan dibuat atas dasar bahwa itu sudah dibuat disurga.

 

Atau bagaimana orang dapat memasuki rumah seorang yang kuat dan merampas harta bendanya apabila tidak diikatnya dahulu orang kuat itu sesudah diikatnya barulah dapat ia merampok rumah itu. 

Mat 12:29

 

Konteks bacaan ini mengenai yesus mengusir setan kata yunani grika untuk mengikat pada ayat-ayat ini berarti mengikat-----seperti pakai rantai seperti seekor binatang diikat supaya tidak pergi. Saudara akan mengikat bumi apa yang sudah diikat disurga. Kalau begitu kata melepaskan mengacu menunjuk kepada apa ? melepaskan membebaskan tawanan!

Apakah saudara ingat cerita yesus menyembuhkan perempuan yang telah 18 tahun dirasuki roh sehingga ia sakit? Yesus berkata kepadanya ,” hai ibu engkau telah dilepaskan dari sakitmu (penyakitmu telah sembuh) (lihat luk 13:11,12)

Kata grika untuk melepaskan didefinisikan dalam kamus sebagai melepaskan sesuatu yang terikat ; membebaskan; melepaskan dari penjara . dibuat oleh setan iblis dengan memulihkan kesehatannya.

James M. Freeman didalam bukunya Manners and custons of the bible menjelaskan kata mengikat dan melepaskan yang biasa dipakai disekolah-sekolah yahudi. Mengikat ialah melarang dan melepaskan ialah mengikat dan melepaskan berarti melarang dan mengijinkan. Dalam bahasa aram yang dipakai tuhan Yesus itu merupakan suatu ungkapan yang biasa digunakan untuk menunjukkan otoritas yang tertinggi.

 

Mengikat dan melepaskan merupakan perintah bagi pendoa syafaat untuk bergerak memasuki wilayah iblis. Awali dengan mengikat semua kuasa kegelapan yang datang pada orang  yang  saudara doakan dan  lepaskan semua kuasa dari surga yang siap melayani saudara. Saudara melakukan berbuat ini dalam nama  yesus, dengan menggunakan kunci otoritas. Dia memberikan kepada saudara untuk memakai namanya. Mengikat berarti memegang musuh erat-erat dengan paksaan agar supaya ia tidak dapat bergerak. Melepaskan berarti mendapat kebebasan dengan kuasa saudara yang dahsyat—dengan menggunakan  firman tuhan. Mengikat menunjuk kepada kemenangan.

Para pemimpin rohani sering kali mengalami serangan yang berat dari musuh. Satu wilayah yang rentan/lemah khususnya ialah keuangan. Saudara dapat mengikat roh-roh yang memutuskan jalan persediaan mereka (para pemimpin rohani) dan membebaskan keuangan meraka.

 

Contoh mengikat dan melepaskan

Setan iblis dalam nama yesus , lepaskan genggamannya atas nama --- saya mengikat engkau dari kehidupannya. Hentikan segala manuver engkau padanya dalam hal --- keuangan, kesehatan, gosip, kebingungan/kekalahan atau apa saja yang Tuhan memimpin saudara untuk mengikatnya.

Saya berbicara kepadamu, setan dan pemerintah-pemerintah, penguasa-penguasa, penghulu-penghulu dunia yang gelap ini roh-roh jahat diudara dan roh-roh dari iblis yang ditempatkan pada nama----- saya mengambil otoritas atas engkau dan mengikat penempatan/assignment kristus dari nazareth yang berkuasa. Lepaskanlah dan biarkan dia bebas didalam nama Yesus . Saya (tuntut) tegaskan supaya engkau mengehentikan segala manuver (siasat licik ) terhadap anak Tuhan ini, --------Dia telah ditutup bungkus oleh darah Yesus, anak domba allah yang telah disembelih untuk nya. Setan/iblis engkau harus tunduk kepada nama dan otoritas yesus.Terima kasih Bapa yang menjaga agar firmanMu terlaksana digenapi dalam nama Yesus.

 

Berpuasa - -Terobosan Rohani Kita

Berpuasa - - terobosan rohani kita seringkali dilakukan secara diam-dian/ rahasia dan disertai dengan doa. Lebih dari hanya berpantang makan, puasa merupakan suatu tindakan penyangkalan diri untuk tujuan yang lebih mulia.

Motivasi serta sikap hati kita dengan Allah bapa sebelum kita  memutuskan untuk berdoa sambil berpuasa.

 

Dan apabila kamu berpuasa, janganlah muram mukamu seperti orang munafik. Mereka mengubah airmukanya, supaya orang melihat bahwa mereka sedang berpuasa. Aku berkata kepadamu : sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya. Tetapi apabila engkau berpuasa, minyakilah kepalamu dan cucilah mukamu. Supaya jangan dilihat oleh orang bahwa engkau sedang berpuasa, melainkan hanya oleh bapamu yang ada ditempat tersembunyi. Maka bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.

Mat 6:16-18

 

Perhatikan yesus tidak mengatakan jika saudara berpuasa tetapi  apabila saudara berpuasa dia mengharapkan orang-orang kristen memakai disiplin itu dalam kehidupan doa mereka. Apa itu Puasa?

Puasa ialah dengan sengaja dan secara suka rela tidak makan demi melihat motivasi kita untuk berpuasa dan mengatakan kita  tidak boleh berpuasa agar dilihat orang lain.

 

Penuh dengan roh kudus tidak perlu berarti kita berjalan dengan kuasa roh Kudus. Cara untuk mendapat kuasa ialah puasa dan doa(luk 4:1,2,14) yang membuat kita jauh lebih peka secara rohani pada firman Tuhan dan mendengar suaranya. Kepekaan akan roh Kudus membuat kita lebih punya kuasa untuk memerangi kuasa setan dalam kehidupan kita.

Apabila mempelai itu diambil , murid-murid akan berpuasa Mat9:14,15; ini merupakan disiplin rohani 2 Kor 6:5

Puasa yang ditunjukan dalam perjanjian baru sebagai cara untuk mendapatkan arahan dari roh kudus memberikan kejernihan pikiran dan roh Lihat kis 13:1-3; 14:21-23

Apa yang dicapai dalam puasa? Mungkin lebih dari yang saudara ketahui sampai saudara berada disurga.

 

Bukan! Berpuasa yang kukehendaki ialah supaya engkau membuka belenggu-belenggu kelaliaman dan melepaskan tali-tali kuk, supaya engkau memerdekakan orang yang teraniaya dan mematahkan setiap kuk. Yes 58:6

 

Adakanlah puasa yang kudus , maklumkanlah perkumpulan raya; kumpulkanlah para tua-tua dan seluruh penduduk negeri ke rumah /tuhan allahmu dan berteriaklah kepada Tuhan. Yoel 1:14

 

Mengapa berpuasa dengan berpuasa?

Yesus memberikan contoh dengan berpuasa 40 hari dipadang gurun mat 4:2; Luk 4:2 sebagai persembahan sukarela kepada bapa hal itu menyenangkannya.

1sam 7:5,6; kis 14:23

Menghasilkan disiplin rohani dan jasmani Luk 2:36,37; I Kor 9:26,27

Meluputkan saudara dari penghakiman Allah Yoel 2:2:12-14; Yunus 3:5-8

Menunjukkan perhatian pada keluarga gereja masyarkat komunitas dan negara.

2 sam 1:12; 12:16; Ezr 8:21; Est 4:3,16; Dan 9:3; Mat 9:15; Mrk 2:18-20; Luk 5:33-35

 

Manfaat dari puasa:

 

Menguatkan dalam menjalankan doa Kis 10:30,31

Berkat ketaatan Mat  6:6,16

Kerendahan hati melalui pertobatan.

Wahyu mengenai jalan dan kehendak allah untuk waktu yang akan datang. Dan 9

Otoritas dan kuasa dalam doa dan peperangan rohani Mat 4:1-11

 

Puasa memberi kemenangan materi contoh : raja Yosafat menyerukan puasa nasional untuk melawan orang-orang bersenjata yang datang menyerang  dan musuh-musuh itu saling membunuh 2 taw 20 :1-30

Puasa memberikan kepada kita sikap  mental yang benar kita tidak seharusnya melihat puasa sebagai hukuman, walaupun tubuh jasmani kita pada mulanya berontak

Puasa harus dilihat sebagai kesempatan yang mulia untuk datang lebih dekat kepada allah kita, tidak diganggu oleh perhatian sehari-hari kita untuk makan. Tuhan menjawab ketulusan hati kita ketika kita merendahkan diri kita dengan senang hari/sukarela.

 

Cara-cara berpuasa:

 

Puasa 24 jam. Dari matahari terbenam sampai matahari terbenam. Tidak makan zat padat.

 

Puasa Daniel (sebagian) tidak. Makan-makanan enak . Makan hanya sup yang encer, juice buah, cereal atau tidak makan satu kali untuk berdoa. (Lihat dan 1:8-16; Dan 10:2,3)

 

Puasa tiga hari sama sekali tidak makan selama 3 hari (lihat dalam Esther  4:16)

 

Puasa yang agak lama. Ada dua cara kedua-duanya membutuhkan persiapan sebelum menjalankan puasa yang agak lama, saudara dianjurkan untuk menjauhkan kafein dan makanan yang menggemukkan dari diet saudara.

 

§       Puasa Total - - Tidak makan hanya minum buka puasa harus bertahap, hanya minum juice yang ditambah air saja atau dua hari berikutnya pelan-pelan makan buah-buahan, sayur-sayuran, nasi dan terakhir tambahkan daging.

 

§       Puasa tidak penuh - - Tidak makan tetapi minum juice buah yang ditambah air, air dan teh  panas juga boleh.

 

Jika saudara dalam pengobatan, konsultasikan dengan dokter saudara sebelum memulai puasa saudara mungkin hanya menjalankan puasa daniel. Berpuasalah apabila diarahkan oleh roh kudus dan sesuai dengan hidup doa saudara yang penuh disiplin  (Yes 58:6, 1 kor 9:26,27)

Gunakan puasa saudara sebagai kesempatan untuk berdoa lebih banyak, pada saat-saat seperti itu roh saudara jauh lebih peka terhadap roh kudus, dan seringkali saudara kan menerima perwahyuan yang lebih hebat. Tajam akan firman Tuhan puasa  bukan  uji coba daya tahan juga bukan upacara keagamaan, Puasa merupakan hak istimewa dan berkat untuk datang mendekatkan diri kepada allah bapa dengan kerendahan hati dan iman yang segenap hati.

 

Injil dalam alkitab tentang puasa :

 

Keluar 34:28                                        Musa

Imamat 16:29-331                         Hari pendamaian

Imamat 23:27-32                                 hari pendamaian

1 Samuel 1:7,8                    Doa hana

2 Samuel 12:16-23                           Daud untuk anak batsyeba

1 Raja-raja 133:8-24                               Elia

1 Raja-raja 19:8                   Perjalanan Elia ke Gn. Horeb

1 Raja –raja 21: 27                           Oleh Ahab dalammerendahkan diri

2 Tawarikh 20 : 3                              Seruan oleh yosafat

Ezra 8:21-23                                        Seruan oleh Ezra

Nehemia 1:4                                        Nehemia

Nehemia 9:1                                        Umat yerusalem mengaku dosa

Ester 4:16                                             Diserukan oleh ester

Ayub 33:19,20                    Akibat sakit dan penderitaan

Yesaya 58                                             Puasa yang menyenangkan hati tuhan

Yeremia 14:12                    yang tidak dapat diterima

Yoel 2:12                                              Kembali kepada Tuhan dengan segenap hati

Mat 6:16-18                                         Tidak seperti yang dilakukan orang munafik.

Roma 14:21                                         Berpantang demi yang lebih lembut, Tidak makan daging supaya tidak menjadi batu sandungan

2 kor 6:5                                               Unsur yang diperlukan untuk pelayan kerasulan

1 kor 7:5                                               Dalam hubungan pernikahan

Maat 17:21                                           Hanya dengan doa dan puasa

Luk 4::2                                                Puasa Tuhan Yesus 40 hari

Luk 2:37                                               Hana yang menyembahkan bait allah

Luk 18:12                                             Membenarkan diri dan bermegah

KIS 10:30                                             Kornelius ketika malaikat menampakkan diri

KIS 13:2,3                                            Oleh nabi-nabi dan pengajar di anthiokhia

KIS 14:23                                             Pada pengangkatan penatua-penatua.

 

Saudara harus melihat puasa sebagai cara yang membuat doa saudara jauh lebih terpusat fokus. Puasalah  dengan tujuan tertentu, maka berpuasalah.

Hal itu akan mematahkan perbudakan dan perlawanan iblis. Pusatkan perhatian pada yesus pada waktu berdoa ketika saudara berpuasa buat waktu dalam jadwal saudara untuk bersekutu dengannya Dia

SEBELUM MENCOBA PUASA YANG  AGAK  LAMA MENANGKANLAH  DAHULU  PUASA  YANG LEBIH SINGKAT,  SEPERTI  PUASA 1 HARI ATAU  PUASA DANIEL.

 

Puji-pujian - -panji-panji kita

 

Puji-pujian merupakan kunci penting dalam peperangan rohani dan salah satu senjata yang paling ampuh berkuasa yang tersedia bagi orang percaya. Yesus memberi contoh mengenai puji-pujjan dengan mengajarkan murid-muridnya memulai dan mengakhiri doa mereka dengan pujian. Jangan harap meraih kemenangan sebelum saudara mulai memuji;  puji-pujian akan meletakkan dasar bagi kemenangan yang diinginkan roh kudus. Saudara sebenarnya berperang dari posisi yang menang (Ef 1:20-22) Lihatlah contoh paulus dan silas:

Setelah mereka berkali-kali didera mereka dilemparkan kedalam penjara. Kepala penjara memasukkan mereka keruang penjara yang paling tengah dan membelenggu kaki mereka dalam pasungan yang kuat tetapi kira-kira tengah malam paulus dan sila berdoa dan menyanyikan puji-pujian kepada  Allah dan orang-orang  hukuman lain mendengarkan mereka.  Akan tetapi terjadilah gempa bumi yang hebat, sehingga sendi-sendi penjara itu goyah dan seketika itu juga terbukalah semua pintu dan terlepaslah belenggu mereka semua.

 

Kis 16:23-26

 

Maka kedengaranlah suatu suara dari tahta itu:

“Pujilah allah kita hai kamu semua hambanya kamu yang takut akan dia baik kecil maupun besar Wah 19:5

Mulutku penuh dengan puji-pujian kepadamu dengan penghematan kepadamu sepanjang hari Mz 71:8

Biarlah segala yang bernafas memuji Tuhan Haleluya.

Maz 150 :6

 

Apa yang dibuat oleh PUJI-PUJIAN ?

 

- - Memuji Allah Bapa (Maz 66:8; Luk 24:52,53)

- - Membawa saudara kehadiratNya dan lebih dekat 

     kepadaNya (Maz 100:4)

- - Membuka pintu-pintu dan membuat tempat-tempat yang 

     sukar menjadi lancar (Yes 60:18; Kis 16:25,26)

- -  Mengalahkan iblis (Maz 149:5-9; 2 Raja-raja 11:13,14)

- - Membawa kebangkitan rohani (2 taw 31 :2; 34:12; Maz

      107:32)

- - Membuat saudara Gembira dan penuh sukacira (Yes 61:1-3

     ; Kis 2:45-47)

 Puji-pujian merupakan tindakan persembahan jasmani. Pernahkah saudara sadari bahwa ketika saudara menyembah Tuhan saudara sedang mengungkapkan berbagai macam emosi saudara dengan tubuh jasmani saudara?

 

 

Contoh-contoh penyembahan jasmani melalui

PUJI-PUJIAN:

 

Ketika saudara bertepuk tangan dengan mengentakkan kaki saudara, saudara menunjukkan kegembiraan saudara (2 raja-raj II :12; Maz 98:8; Yess 55:12; Rat 2:15; Yeh 6:11)

 

Ketika saudara berdiri berbaris atau jalan saudara menunjukkan kesiapan untuk melayani dan menjalani (kej 13:17; Ul 11:22-25; Yos 1:1-5; Maz 68:7,8)

 

Ketika saudara mengangkat tangan saudara sedang menyembah dan berserah kepadaTuhan  (kel 17:8-16; 1 Raja-raja8:22-24; Maz 28:2; 63:3,4; 134:2; 141:2; Luk 24:50,51; 1 Tim 2:8; Ibr 12:12)

 

Ketika saudara menari, saudara sedang mengungkapkan kegembiraan hari saudara (maz 68:25; 106:2; 108:1; Ams 29:6;  Yes 26:19; 65:13,14; Yer 31:7; Zak 2:10; 1 kor 14:15; Yak 5:113; Wah 15:3)

 

Ketika saudara dengan terampil memainkan sebuah alat musik, saudara menunjukkan penyembahan (adorasi). (1 sam 16:23; 18:6,7; 1 taw 15:28: 16:42; 25:1,3,6; 2 taw 5:13, 14; 34:12; Maz 33:3)

 

Ketika saudara jatuh tersungkur menyembah kepada allah Saudara sedang menunjukkan emosi yang dalam dan penyerahan penuh kepada Tuhan Allah Maz. (72:11; Yes 45:14)

 

Ketika saudara berlutut saudara sedang menunjukkan kerendahan hati dan ketergantungan kepada Tuhan ( 2 taw 6:13,17; Mat 17:14; Mrk 1:40) Berlutut berarti meminta belas kasihan luk 22:41; kis 7:50; 9:40; 21;5)

 

Ketika saudara duduk atau diam saudara sedang berdiam diri dan mempercayakan kepada Tuhan (kel 14:14; Yos 6:10; Ayub 2:13; Am 13:3; 17:27; Amos 5:13; Mat 8:4; 12:16; 27:14; Luk 23:9; Yoh 8:6)

 

Mari kita ikuti contoh Musa dalam kel 17:8-16. Kita dipanggil ke sebuah bukit yang tinggi untuk melihat kebawah kepada musuh kita. Angkatlah kedua tangan dan serukan,”Tuhan adalah panji-panjiku.” Sebutkan nama Tuhan Allah saudara—Yehovah Nissi. Semua kuasa iblis pasti kabur/ lari.

 

FIRMAN ALLAH DAN KESAKSIAN KITA - -

DASAR KITA

 

Senjata ini disebutkan paling akhir tidak karena paling tidak penting, tetapi karena ini merupakan dasar bersandar seluruh gudang persenjataan. Segala sesuatu yang saudara perbuat dalam peperangan rohani harus didasarkan pada firman allah.

 Firman bekerja untuk saudara atau menentang saudara. Belajarlah gunakan firman sebagimana yang yesus buat.

Karena firmannya tinggal didalam kamu maka iman hadir didalam kata-kata saudara (kamu). ( Yoh.15:7,8)

 

Dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang roh, yaitu firman allah.

Efesus 6:17

 

Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam daripada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dari roh, sendi-sendi dan sumsum;  ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.

Ibr 4:12

 

Kita dapat belajar memakai firman allah melawan iblis persis seperti yesus ketika dia melawan iblis persis seperti yesus ketika dia dicobai oleh iblis. Dia menjawab,” ada tertulis …. ada tertulis …. setiap kali dia menyebut firman allah dan dia menjadi pemenang. (Mat 4:4,7,10)

Ketika saudara mengucapkan keras-keras firman allah sebagai penegasan iman saudara;  yesus mengaku saudara dihadapan bapa. Makin saudara mengenal dan mengucapkan mengakui firman makin efektif kemenangan itu saudara harus mempunyai kumpulan firman injil didalam Roh saudara untuk  dipakai bila diperlukan.

Cara yang efektif lainnya untuk memakai firman sebagai senjata ialah menyusun sebuah “dokumen konfirmasi” yang didasarkan pada  firman yang allah  telah berikan untuk situasi khusus. Sebuah dokumen konfirmasi merupakan senjata peperangan rohani yang paling berharga / mahal.

Menurut kamus Webster, dokumen berarti  “suatu pelajaran, bukti, sesuatu yang dicetak, ditulis yang diandalkan untuk mencatat atau membuktikan sesuatu. Apa saja yang menjadi sebagai bukti, untuk membuktikan atau menunjang, menunjuk kepada dokumen.”

 

Mari kita lihat beberapa dokumen dalam Alkitab :

 

Allah berfirman kepada musa digunung sinai untuk mencatat firmannya bagi israel dan menulisnya pada loh-loh. Allah menganggap loh-loh itu begitu penting sehingga ketika musa kemudian memecahkan loh-loh itu. Allah segera menulis kembali dengan jarinya. Ini yang kita kenal sebagai “10 Perintah Allah.”

 

Berfirman Tuhan kepada Musa  : Tuliskanlah segala firman ini, sebab berdasarkan firman ini telah kuadakan perjanjian dengan engkau dan dengan israel.

Kel 34:27

 

Ketika umatnya kembali dari pembuangan ke yerusalem, nehemia memerintahkan mereka untuk memperbaharui perjanjian hubungan dengan Allah. Berdasarkan semuanya ini kami mengikat perjanjian yang teguh yang kami catat dengan dibubuhi meterai para pemimpin kami, orang-orang lewi kami dan para imam kami. ( Neh 9:38)

 

Allah memerintahkan Yehezkiel untuk menulis dokumen perang yang mewahyukan/mengungkapkan kepada Yehezkiel hati Raja  Nebukadnezar untuk melancarkan serangan habis-habisan pada Yerusalem. Allah memerintahkan Yehezkiel untuk menanda tangani tanggalnya, agar supaya dia tahu dikemudian hari apa yang difirmankan Allah benar.

 

Pada tahun kesembilan, dalam bulan yang kesepuluh, pada tanggal sepuluh bulan ini, datanglah firman tuhan kepadaku : Hai anak manusia, tuliskanlah tanggal hari ini, ya , tanggal hari ini. Pada hari ini juga raja babel mulai menyerang yerusalem.

Yeh 24:1,2

 

Nabi habakuk diperintahkan oleh Tuhan untuk mencatat penglihatan yang telah diberikannya sebagai saksi pada akhir jaman.

 

Lalu Tuhan menjawab aku, demikian : Tuliskanlah penglihatan itu dan ukirkanlah itu pada loh-loh, supaya orang sambil lalu dapat membacanya sebab penglihatan itu masih menanti saatnya, tetapi ia bersegera menuju kesudahannya dengan tidak menipu; apabila berlambat-lambat, nantikanlah itu sebab itu sungguh –sungguh akan datang dan tidak akan bertangguh.

Hab 2:2,3

 

Sebuah dokumen konfirmasi adalah suatu artikel tertulis yang memberi suatu kata kesaksian atau janji, dan biasanya mempunyai tanggal dan  tanda tangan.

Sewaktu saudara berdoa untuk pemimpin rohani yang dipercayakan kepada saudara, catatan apaun yang Tuhan memberikan / firmankan kepada saudara dalam buku harian doa. Yang kemudian saudara poskan ke pendoa syafaat international. Banyak pendoa syafaat merasa berguna membuat catatan harian doa untuk mencatat firman (kata-kata) yang mereka terima dari Tuhan pada waktu mereka berdoa. Tuhan sangat menjunjung tinggi firmannya (kata-kata)nya. Dia akan berdiri dibelakang firman yang disampaikan dan akan menggenapi jika firman itu sejalan dengan firman dan kehendaknya.

Dokumen konfirmasi bisa merupakan bacaan injil yang Dia berikan kepada roh saudara pada waktu saudara bersekutu denganNya atau bisa juga firman (kata) yang langsung dari Tuhan yang diwahyukan melalui nubuat oleh  Roh Kudus. Bahkan mungkin sesuatu yang Tuhan wahyukan sewaktu dia membiarkan /mengijinkan saudara menafsirkan apa yang saudara telah doakan dalam bahasa roh. Itu selalu sejalan dengan firman Tuhan, dan konsisten dengan sifat Allah.

 

Bagaimanapun saudara menerima firman (kata)dari Tuhan, tulislah pernyataan itu dan catat tanggalnya. Nanti saudara akan merasa diberkati bila mengingat bagimana Tuhan memberikan kepada saudara mukjizat yang dia janjikan atau ketika saudara menyaksikan firman itu digenapi.

 

Seorang ibu pendoa mempunyai ayat alkitab yang disampaikan kepadanya pada waktu dia berdoa. Dia mencatat tanggal dan janji itu : “ Semua anakmu akan menjadi murid Tuhan, dan besarlah kesejahteraan mereka.” (Yes 54:13 KJV). Tahun-tahun berlalu, kemudian suatu pagi sewaktu di gereja dia melihat dengan mata rohaninya semua ketiga anaknya dengan tangan terangkat sedang memuji Tuhan digereja. Dia menerima itu sebagai dari Tuhan dan mencatatnya didalam catatan harian doanya.

Delapan bulan kemudian semua ketiga anaknya, yang telah “meninggalkan Tuhan,” datang kepadanya pada hari ibu dan pergi kegereja. Pada waktu kebaktian dia melihat semua anak-anaknya mengangkat tangan memuji Tuhan persis seperti yang dia lihat didalam penglihatan yang dari Tuhan. Doa yang dijawab! Dia telah memegang apa yang dijanjikan alkitab selama bertahun-tahun, dengan mengucap syukur kepada Tuhan hampir setiap hari, bahwa Ia akan menggenapi tanpa memperhatikan apa yang dia lihat dengan mata jasmaninya. Sekarang anak-anak berjalan didalan Tuhan.

 

Saudara bisa memakai pedang roh dengan cara-cara ini :

 

  1. Ucapkan Firman kepada musuh untuk mengingatkan kekalahannya.
  2. Ucapkan firman kepada Tuhan untuk mengklaim janjiNya yang saudara nyatakan atas nama seseorang.
  3. Minta kepada Tuhan agar diberikan kepada saudara firman yang menjadi “Rhema” untuk seseorang atau situasi yang saudara sedang doakan. (Misalnya dalam mendoakan seseorang yang sakit parah, Tuhan mungkin akan memberi firman yang menjadi “Rhema” dengan ayat seperti,” Penyakit itu tidak akan membawa kematian ….” (Yohanes 11:4 KJV). Tulislah sebuah “dokumen konfirmasi” dan terus berdoa dengan tak jemu-jemu sampai dijawab.
  4. Ijinkan Roh Kudus menyampaikan firman kepada saudara untuk membangun , mengoreksi dan memberi petunjuk serta strategi untuk doa syafaat saudara.

 

NAMA-NAMA ALLAH - - PERJANJIAN KITA

 

Firman Tuhan memperingatkan semua umatnya untuk “menyerukan namanya.” Untuk membuat ini lebih efektif, baik kiranya kita memahami atributNya.

Beberapa halaman berikut berisi catatan yang diambil dari Nama-nama  Allah, karangan Nathan J. Stone. Saudara akan lebih mengenal/memahami allah dengan mengetahui ketentuan-ketentuan/syarat-syarat. Dia telah membuat untuk saudara sebagaimana didapati pada contoh namaNya. Semoga ini juga memperkaya kehidupan doa saudara sewaktu saudara mulai berseru kepadaNya dengan memakai nama-namaNya yang penuh kuasa.

 

ELOHIM :

 

Pencipta Tritunggal, yang berkuasa atas alam semesta, dan kehidupan dan seluruh bangsa-bangsa,  yang berjanji untuk memelihara ciptaanNya.

 

Gambaran umum untuk kebesaran, kemulian, kekuatan,  yang kreatif dan memerintah maha kuasa penguasa langit dan bumi pencipta alam semesta.

 

Elohim terutama berurusan dengan pencipta dan pemeliharaan dunia dan karya-karyanya dia mengasihi secara luar biasa semua ciptaanya dan makhluk-makhluknya sebagai karya tangannya.

 

EL

Berkuasa, kuat, terkenal ,”Allah Besar, Dahsyat,” Allah Yang Maha Kuasa.

 

ALLAH

Menyatakan atau bersumpah menunjukkan suatu pertalian perjanjian otoritas mutlak sebagai pencipta dan penguasa alam semesta.

 

ELOHIM

Jamak yang mewakili tritunggal berkewajiban karena sumpah untuk melakukan syarat-syarat tertentu.

 

EL-SHADDAI

 

Allah yang “serba berkecukupan” dan “serba berkelimpahan” Allah yang mengisi dan membuat berbuah banyak (berhasil ) digunakan dalam hubungan dengan menghakimi, memberi ganjaran, menyucikan, diterjemahkan sebagai yang Maha Kuasa.

 

EL - SHADDAI pertama-tama menampakkan diri kepada Abraham di kej 17:1 (KJV):

“ Ketika Abram berumur sembilan puluh tahun, maka Yehovah menampakkan diri kepada Abram, dan berfirman kepadanya,’ Akulah EL - SHADDAI  (Tuhan Allah Yang Maha Kuasa!).” Pada saat itu nama Abram diubah menjadi Abraham karena ia mengerti penampakkan EL - SHADDAI sebagai segala mungkin dengan dia.

 

ADONAI

 

Allah yang berkuasa yang menguasai kehidupan kita Tuan pemilik selalu dalam arti jamak dan posesif suka menguasai miliknya allahku punya menunjukkan suatu tuntutan bagi manusia untuk taat dan berbakti melayani.

 

ADONAI  menyatakan hubungan yang allah pelihara dengan kita dan apa yang dia harapkan dari kita. Kata adonai digunakan ratusan kali dalam hubungannya dengan yesus sendiri. Kita bukanlah milik kita sendiri, kita telah dibeli  dan harganya telah dibayar kita milik adonai = roh jiwa dan tubuh.

ADONAI  juga menggambarkan dia yang memberikan karunia atas - - serta melengkapi hamba-hambanya untuk melayani kita sebagai hamba-hambanya adalah ahli warisnya, bagian dan milik umatmya.

 

YEHOVAH :

 

Pribadi yang memang ada sendiri –sendiri mempunyai kehidupan kekal dan keberadaan yang kekal pula dan tidak dapat berubah allah yang menyatakan keberadaannya sendiri.

 

YEHOVAH dikenal sebagai allah yang menyatakan dirinya dalam kedudukan / atribut moral  dan rohani yang penting sekali. YEHOVAH menyatakan kasihnya sebagaimana ditentukan menurut atribut moral dan spiritual. YEHOVAH mewajibkan manusia bermoral dengan memberi peringatan akan menghukum jika tidak taat.

 

YEHOVAH berasal dari kata ibrani kata kerja “havah” yang berarti “ada”. Yehovah adalah nama yang paling sering dipakai dalam perjanjian lama, semuanya berjumlah 6,823 kali.

 

Ada delapan gabung nama Yehovah dalam perjanjian lama. Nama-nama ini dipakai apabila YEHOVAH ini membuat peraturan khusus tentang dirinya.

 

  1. Yehovah - Jireh                                                  : Yehovah Menyediakan/Disediakan/Yehovah akan terlihat
  2. Yehovah - Rafa                                  : Menyembuhkan
  3. Yehovah - Nissi                                 : Panji-panjiku
  4. Yehovah - M’Kaddesh                           : Yang menguduskan
  5. Yehovah - Shalom                                     : Raja Damai
  6. Yehovah - Tsidkenu                                               : Kebenaranku
  7. Yehovah - Shamma                                                : Ada disana
  8. Yehovah - Rohi                                                  : Gembalaku / aturan

 

Ada suatu susunan yang luar biasa dan penting dalam nama gabung YEHOVAH sewaktu mereka Yehovah-Yehovah menampakkan diri didalam alkitab. Ada suatu penampakkan diri Yehovah yang bertahap yang menyediakan setiap kebutuhan yang muncul------penyelamatan, pemeliharaan, peneguhan, pengkudusan.

Susunan dari 8 (delapan) nama-nama YEHOVAH yang menampakkan diri menunjukkkan arti maksud yehovah untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan rohani dan jasmani dari umat iseael miliknya.

 

YEHOVAH - JIREH

“Yehovah yang menyediakan”

 

Sahut abraham allah yang akan menyediakan anak domba untuk korban bakaran bagiNya, anakku.” Demikianlah keduanya berjalan bersama-sama …… Dan Abraham menamai tempat itu : “Tuhan menyediakan”; sebab itu sampai sekarang dikatakan orang : “Di  atas gunung Tuhan akan disediakan.”

Kejadian 22:8,14

 

DEFINISI : Akan terlihat akan disediakan kemampuan untuk melihat jauh kedepan pelihat , nabi.

 

YEHOVAH - JIREH adalah suatu jenis penglihatan yang berbeda dari Elohim yang maha tahu. Jenis penglihatan ini berarti melihat jauh kedepan Allah. Penglihatan “sebelum terjadi sesuatu.” Jadi bagi allah penglihatan sebelum terjadinya sesuatu akan diikuti oleh penyediaan. KARENA DIA TENTU AKAN MENYEDIAKAN KEPERLUAN YANG DALAM PENGLIHATANNYA ADA. Bagi dia penglihatan sebelum terjadinya sesuatu dan penyediaan adalah satu dan hal yang sama.

 

Nama YEHOVAH JIREH muncul dari cerita jercah yang menyediakan pengganti untuk Ishak yang Tuhan telah perintahkan kepada Abraham untuk dikorbankan diatas mezbah. Nama itu berarti Yehovah yang menyediakan suatu yang luar biasa untuk menebus umat manusia dengan mengorbankan Anak-Nya yang Tunggal yaitu Tuhan Yesus. Dia adalah Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia yang dipersembahkan ditempat dimana abraham telah prediksikan (melihat sebelum terjadinya sesuatu) - - “digunung Tuhan itu akan disediakan.”

YEHOVAH JIREH bagi kita ialah dia yang menyediakan korban anak domba Allah untuk menebus kita.

 

YEHOVAH RAPHA

“Yehovah Yang menyembuhkan”

 

Musa menyuruh orang israel berangkat dari laut teberau lalu mereka pergi kepadang gurun syur tiga hari lamanya mereka berjalan dipadang gurun itu dengan tidak mendapat air. Sampailah mereka ke mara tetapi mereka tidak dapat meminum air yang dimara itu, karena pahit rasanya. Itulah sebabnya dinamai orang tempat itu mara. Lalu bersungut-sungutlah bangsa itu kepada musa kata mereka : “Apakah yang akan kami minum?” Musa berseru-seru kepada tuhan dan  Tuhan menunjukkan kepadanya sepotong kayu musa melemparkan kayu itu kedalam air; lalu air itu menjadi manis. Disanalah diberikan Tuhan ketetapan-ketetapan dan peraturan-peraturan kepada mereka dan disanalah Tuhan mencoba mereka, Firmannya: “Jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan suara Tuhan, Allahmu, dan melakukan apa yang benar dimatanya, dan memasang telingamu kepada perintah-perintahNya dan tetap mengikuti segala ketetapanNya, maka Aku tidak akan menimpakan kepadamu penyakit manapun, yang telah Kutimpakan kepada orang Mesir; sebab Aku, Tuhanlah yang menyembuhkan engkau.”

Kel 15:22-26

 

 

YEHOVAH – NISSI

“ Yehovah Panjiku"

 

Lalu Yosua melakukan seperti yang  dikatakan Musa kepadanya  dan berperang melawan orang Amalek; tetapi Musa, Harun dan Hur telah naik ke puncak bukit. Dan terjadilah, apabila Musa mengangkat tangannya, lebih kuatlah Israel, tetapi apabila ia menurunkan tangannya, lebih kuatlah Amalek. Maka penatlah tangan Musa, sebab itu mereka mengambil sebuah batu, diletakkanlah dibawahnya, supaya ia duduk diatasnya; Harun dan Hur menopang kedua belah tangannya, seorang disisi yang satu, seorang disisi yang lain, sehingga tangannya tidak bergerak sampai matahari terbenam. Demikianlah Yosua mengalahkan Amalek dan rakyatnya dengan mata pedang. Kemudian berfirmanlah Tuhan kepada Musa: “Tuliskanlah semuanya ini dalam sebuah kitab sebagai tanda peringatan, dan ingaatkanlah ke telinga Yosua, bahwa Aku akan menghapuskan sama sekali ingatan kepada Amalek dari kolong langit. “ Lalu Musa mendirikan sebuah mezbah dan menamainya: “Tuhanlah panji-panjiku! “ Ia berkata : “Tangan diatas panji-panji Tuhan! Tuhan berperang melawan Amalek turun – temurun.”

Keluaran 17:10-16

 

 

Definisi : memulihkan menyembuhkan mengobati dalam pengertian jasmani maupun rohani.

 

Tuhan Yesus menyempurnakan pelayanan nya dengan menjadi pohon (kayu) yang membuat kolam-kolam yang pahit  akan air kehidupan dari keberadaan manusia. Pengakaran tentang marah dengan sangat bagus dipenuhi didalam dirinya. Dia menaggung dosa-dosa kita didalam tubuhnya pada pohon itu juga merupakan sumber keselamatan hanya yesus pohon yang tuhan sediakan menyucikan membuat manis dan menyembuhkan pengalaman pahit dalam kehidupan manusia dia menyembuhkan penyakit-penyakit jiwa dan tubuh.

Kel.17:10-16

 

DEFINISI : Tuhan panjiku suatu tanda pelepasan dan penyelamatan standar kemenangan kita dalam konflik hidup kita.

 

Panji diterjemahkan tiang bendera, standar diantara orang yahudi kata panji juga berarti mujizat.

 

Dahulu itu suatu tanda bagi umat Tuhan untuk berkumpul kepadanya.  Panji itu berarti maksudnya peperangannya.

 

Panji Yehovah yang dipegang tinggi ditangan musa yang terangkat membawa kemenangan bagi umatnya. Ini selalu pasti bagi umat tuhan---kemenangan atas kuasa iblis, musuh roh roh kita ------ apabila panjinya atas kita.

 

Yesaya menubuatkan suatu tunas akan keluar dari tunggul isai. Tunggal atau akar adalah juga sebuah tanda sebuah panji bagi umatnya. Tunggal isai ialah Yesus, yang dilahirkan dari keturunan daud menurut daging . Yesus adalah panji penebus kita, panji kesejahteraan kita.

 

Dengan Yehovah yesus sebagai panji kita, kita menjadi makin lama makin kuat sambil mengucap syukur kepada Tuhan,” yang dalam kristus selalu membawa kami dijalan kemenangan-Nya  (2 Kor 2:14)

 

YEHOVAH M’KADDESH

“Yehovah yang menguduskan”

 

Maka kamu harus menguduskan dirimu, dan kuduslah kamu, sebab Akulah Tuhan, Allahmu. Demikianlah kamu harus berpegang pada ketetapanKu dan melakukannya; Akulah tuhan yan  menguduskan kamu.

Im 20:7,8

 

DEFINISI : Memisahkan, menguduskan, atau menyucikan, membaktikan, mentahbiskan, menjadi kudus.

 

Injil (Buku) imamat menjelaskan bagaimana seharusnya orang yang telah ditebus berjalan selayaknya menurut panggilan mereka dan ikut dalam penyembahan rohani yang diminta oleh Yehovah. Berhubung dengan kesucian moral maupun rohani orang israel, gelar YEHOVAH M’KADDESH diulang beberapa kali dalam imamat.

 

Dalam perjanjian lama kata menguduskan digunakan untuk memisahkan tempat-tempat, alat-alat/perabot, orang-orang dan hari-hari khusus. Orang israel dipisahkan/dikuduskan bagi Tuhan dan dipisahkan dari semua orang lainnya.

 

Yesus dari penghamilan dikuduskan oleh kuasa Roh Kudus. Dia sepenuhnya kudus, tak bernoda dan tanpa dosa. Yesus telah menjadi imam kita yang maha tinggi dan didalam kasihnya yang telah menyelamatkan, dia telah dibuat menjadi dosa karena kita. ( Luk 1:35; 2 kor 5:21; ibr 4:15; 7:26)

Yesus menguduskan kita (1 kor 1:30; ibr 10:10,14)

 

Untuk kekudusan itu kita telah dipilih (ef 1:4) kekudusan adalah suatu kata yang positif dan aktif. Umat Tuhan harus kudus dalam kenyataannya dan dipisahkan dalam kedudukan. Yang satu tidak ada artinya tanpa yang lain. Adalah nasib/persiapan yang mulia bagi gereja untuk dipersembahkan kudus dan tak bernoda kepada Allahnya.

 

YEHOVAH SHALOM:

“Yehovah Raja Damai”

 

Maka  tahulah Gideon, bahwa itulah Malaikat Tuhan, lalu katanya : “ Celakalah aku, Tuhanku Allah! Sebab memang telah kulihat Malaikat Tuhan dengan berhadapan muka.” Tetapi berfirmanlah Tuhan kepadanya: “ Selamatlah engkau! Jangan takut, engkau tidak akan mati.” Lalu Gideon mendirikan mezbah disanna bagi Tuhan dan menamainya: Tuhan itu keselamatan. Mezbah itu masih ada sampai sekarang di Ofra, kota orang Abiezer.

Hakim-hakim 6: 22-24

 

DEFINISI: Damai sejahtera, keutuhan, selesai, menebus, kesjahteraan, sempurna, serta keinginan yang terdalam dari hati manusia. Dalam bahasa ibrani kata shalom juga berarti harmonis dalam hubungan atau rekonsiliasi (perukunan kembali) yang didasarkan pada selesainya transaksi, pembayaran utang, serta pemberian kepuasan.

 

PERSEMBAHAN KESELAMATAN (perdamaian):  Suatu persembahan, penyiraman darah yang menyediakan penebusan yang menjadi dasar bagi rekonsiliasi dan keselamatan ( damai sejahtera) ( im3:7; 11-21)

Keselamatan putus oleh karena dosa. Persembahan keselamatan memulihkan persekutuan antara Allah dan manusia.

 

Yesus adalah Raja damai yang dijanjikan kepada kita didalam perjanjian lama. Sewaktu berada dibumi, Tuhan Yesus memberitakan kerajaan allah dan menjanjikan keselamatan (damai sejahtera). Dia menyembuhkan menghibur dan memerintahkan orang orang untuk berjalan didalam kebenaran agar diselamatkan.

Yesus Kristus Pendamaian kita didalamnya diukur dari kemampuan kita untuk terus mempercayainya dan oleh pengudusan kita. Keselamatan(damai sejahtera) tergantung kepercayaan dan ketaatan. Jika pikiran kita dikuasai kedagingaan kita akan kurang damai sejahtera (pendamaian). Maka hendaklah damai sejahtera kristus memerintah dalam haatimu ( kol 1:20; 3:15; Fil 4:7,9). Tidak ada damai sejahtera selain dari yesus, bagi perorangan atau bagi bangsa-bangsa.

 

YEHOVAH – TSIDKENU

 

“Yehovah Keadilan(kebenaran)”

Sesungguhnya, waktunya akan datang, demikianlah Firman Tuhan, bahwa Aku akan menumbuhkan Tunas Adil bagi Daud. Ia akan memerintah sebagai raja yang  bijaksana dan akan melakukan keadilan dan kebenaran di negeri. Dalam zamannya Yehuda akan dibebaskan, dan Israel akan hidup dengan tenteram; dan inilah namanya  yang diberikan orang  kepadanya: “Tuhan – keadilan kita”.

 

Definisi : Membahas keadilan dan menjadikan benar; membenarkan, menyatakan tidak bersalah atau membebaskan.

Tsedek   : Akar kata ini berarti suatu ukuran yang penuh; dari kata ini berkembang menjadi kata yang berarti BENAR terhadap Tuhan atau kebenaran.

Bil. 14 : 18

Bangsa Israel diperintahkan untuk berjalan dijalan kebenaran yang sempit dan mempersembahkan korban-korban (kebenaran) dengan menaruh kepercayaan mereka kepada Tuhan. Yehova / Yahwe, yang sama sekali benar /adil, tidak dapat memaafkan hal-hal yang kurang benar pada manusia, karena “ Dia sekali-kali tidak membebaskan orang yang bersalah dari hukuman” ( Bil 14:18)

 

Dinubuatkan oleh Nabi Yesaya bahwa “Yes 45:25”. Yesus adalah kebenaran itu sendiri bagi orang Yahudi maupun bangsa-bangsa; diberikan kepada kita sebagai pemberian cuma-cuma melalui Iman.

 

Yehova – Tsidkenu mengungkapkan kepada kita cara dan langka-langkah agar dapat diterima dihadapan TUHAN, dibersihkan dengan Darah Anak Domba dan dipakaikan jubah putih kebenaran-Nya yang adalah Yehova Yesus.

 

YEHOVA – SHAMMA

“ Yehova / Yahwe Ada Disana”

 

Definisi : TUHAN Hadir, TUHAN ada disana; kepenuhan-NYA tinggal diantara kita. DIA menjadikan kita kemah suci (bait Allah). Kemuliaan-Nya dinyatakan diantara kita.

 

Yehova Shamma adalah janji dan ikrar dari pemenuhan (penggenapan) maksud itu didalam istirahat akhir manusia serta kemuliaan-Nya. Karena tujuan manusia adalah untuk memuliakan TUHAN dan menikmati –NYA selama-lamanya.

 

Nubuat Nabi Yehezkiel tentang harapan dan penghiburan pemulihan negeri dan umat dalam menubuatkan. Ukuran yang jauh melampaui segala sesuatu yang mereka pernah alami dimasa lampau, atau yang dapat dibayangkan.

 

Keunikan orang Israel ialah bahwa TUHAN selalu hadir bersama mereka. Keadaan yang membuat kehadiran-NYA yang terus menerus (selalu) diantara mereka adalah karena kesetiaan mereka kepada Perjanjian, yang mana mereka berjanji menjadi umat yang kudus bagi TUHAN yang kudus.

 

Kepenuhan dari kehadiran Yehova adalah harapan dan tujuan kita dari semua pengharapan yang dinubuatkan, karena kita menantikan dan merindukan kedatangan-Nya. Kita mencari langit yang baru dan bumi yang baru, dimana kebenaran-Nya akan tinggal bersama kita selama-lamanya.

Yer 23:5-6

 

YEHOVAH – ROHI

“Yehovah Gembalaku

 

Tuhan adalah gembalaku, takkan kekurangan aku.

Maz. 23:1

 

Definisi : teman, sahabat, memelihara, memberi makan atau menuntun membimbing dan mengarahkan serta mengajar..

 

Gelar GEMBALA memperlihatkan kepada kita bahwa Tuhan dapat dari berkenan merendahkan diri untuk menjalin hubungan dengan manusia yang penuh dosa yang telah ditebusnya. Ini menunjukkan suatu hubungan pribadi lepas untuk memberi makan dan menjaga kita sebagai ahli warisnya. (2 Sam 7:8; Maz :78: 70-72)

 

Penggembalaan tidak berubah banyak dipalestina. Seorang penggembala palestina hidup bersama dengan domba-dombanya siang dan malam sehingga menciptakan keintiman yang sejati dengan domba-dombanya. Dia memanggil namanya satu persatu, dan domba-domba mengenali suaranya dan hanya hanya meresponi panggilan gembalanya dan mengikutinya dengan tidur di kandang domba sementara, dia melindungi domba-dombanya dari para pencuri dan pemangsa-pemangsa yang akan memangsa mereka pada malam hari. Domba-domba merasakan perlindungannya dan tidak takut akan si jahat. Dia menyediakan padang yang berumput hijau dan air (yang tenang) untuk mereka bahkan dipadang gurun sekalipun.

Jika bisa terjadi hubungan yang begitu intim antara seseorang dengan dombanya, apalagi antara yehovah dan umatnya yang adalah ciptaanya sendiri betapa herannya bahwa tuhan menawarkan diri untuk hubungan semacam.

 

Ini melanjutkan betapa kita berada didalam bayang-bayang kasih serta pemeliharaan bapak kita yang disurga. Perlindungan yang terus menerus dan pembelaan yang kuat. Dia sungguh-sungguh menjauhkan kita dari semua yang jahat. Dia tidak pernah tidur atau terlelap. Dia melekat dan setiap kepada kita serta melindungi kehidupan kita dari bahaya dan (lubang) perangkap.

 

Tuhan adalah gembala pribadi yang luar biasa. Dia tahu masing-masing kita secara pribadi.

 

Yesus adalah gembala yang baik yang datang untuk menuntun kita dengan penuh kelembutan. Dia memenuhi syarat untuk menjadi gembala agung dengan terlebih dahulu menjadi (anak) domba, dengan demikian dia menyelami benar segala pengalaman dan kebutuhan domba-dombanya.